Tahap Pengembangan Kognitif (piaget)


Stage Tahap Characterised by Characterised oleh
Sensori-motor Sensori-motor
(Birth-2 yrs) (Lahir-2 yrs)
Differentiates self from objects membedakan diri dari objek Recognises self as agent of action and begins to act intentionally: eg pulls a string to set mobile in motion or shakes a rattle to make a noise Diri sebagai agen Recognises tindakan dan mulai bertindak sengaja: menarik misalnya string untuk mengatur ponsel dalam gerakan atau getaran mainan untuk membuat suara
Achieves object permanence: realises that things continue to exist even when no longer present to the sense (pace Bishop Berkeley) Obyek mencapai keabadian: menyadari bahwa hal terus ada bahkan ketika tidak lagi hadir untuk pengertian (kecepatan Uskup Berkeley)
Pre-operational Pra-operasional
(2-7 years) (2-7 tahun)
Belajar untuk menggunakan bahasa dan untuk mewakili objek dengan gambar dan kata-kata Berpikir masih egosentris: mengalami kesulitan mengambil sudut pandang orang lain Mengklasifikasikan objek dengan fitur tunggal: kelompok misalnya bersama-sama semua blok merah terlepas dari bentuk atau semua blok persegi tanpa warna
operasional concret
(7-11 years) (7-11 tahun)
Dapat berpikir logis tentang obyek-obyek dan peristiwa Konservasi mencapai angka (umur 6), massa (umur 7), dan berat (umur 9) Mengklasifikasikan benda menurut beberapa fitur dan dapat memesannya dalam seri sepanjang dimensi tunggal seperti ukuran.
Formal operational operasional Formal
(11 years and up) (11 tahun ke atas)
Dapat berpikir logis dan abstrak proposisi tentang uji hipotesis systemtically Menjadi prihatin dengan hipotetis, masa depan, dan ideologis masalah

0 komentar:

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

Followers

 

Beranjak Up date

Loading...

Blog Archive

negara

free counters
 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger